Peluang Bisnis Kaos di Semarang

Kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya. Saat ini Indonesia membutuhkan tumbuhnya wirausaha untuk membangun bangsa. Ekonomi Indonesia diperkirakan dapat melaju pesat jika jumlah wirausaha mencapai minimal empat persen dari total populasi. Hal ini berbanding cukup jauh karena saat ini jumlah wirausaha belum begitu banyak. Bahkan belum mencapai dua persen dari total sekitar 250 juta penduduk Indonesia. Semangat berwirausaha akan lebih terbangun ketika penanaman modal investasi dari investor ke masyarakat cukup besar.

Peluang

Melihat investor yang menanamkan modalnya untuk usaha, akan ada banyak usaha yang bisa di bangun agar berkembang dan berhasil. Salah satu usaha yang mempunyai prospek kedepan adalah usaha kaos Semar. Penciptaan brand “Semar” merupakan rintisan usaha yang cukup menjanjikan. Kaos Semar menjadi usaha yang bisa dikembangkan dengan menerapkan konsep ATM Kewirausahaan (Amati, Tiru, Modifikasi). Usaha ini bisa kita kreasikan ke berbagai pengembangan dan diversifikasi produknya. Kaos Semar menjadi usaha dengan prospek bagus dilihat dari perkembangan perdagangan, mode, dan pariwisata Indonesia khususnya di Kota Semarang. Semarang sebagai salah satu kota besar menjadi jalur lintas srategis antara wilayah timur dan barat Pulau Jawa. Semarang juga menjadi pusat bisnis. Kemudian juga pusat pendidikan dimana ada beberapa universitas dan akademi besar. Juga tentu banyaknya keindahan alam daerah Semarang dari potensi lautan sampai pegunungan.

Data yang semakin progresif

Menurut data BPS Kota Semarang, dilihat dari jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jawa Tengah melalui pintu masuk bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani saja pada bulan Mei tercatat sekitar 1.749 kunjungan. Hal ini naik dibandingkan bulan April yang tercatat sekitar 1.669 kunjungan. Kenaikannya mencapai sekitar 4,79 persen diluar kunjungan domestik. Sebuah peluang yang cukup bagus untuk mengembangkan Semar sebagai brand tujuan wisata khususnya di daerah Semarang.

Strategi bisnis

Beberapa pekerjaan rumah dan manajerial harus dilaksanakan untuk membuat usaha ini berhasil seperti yang diharapkan. Pertama, pembuatan pusat produksi dimana penempatan lokasi yang cukup menguntungkan ada disekitar daerah Banyumanik, Tawang, dan Manyaran. Pemilihan bahan dan desain yang berkualitas juga akan sangat penting sebagai modal utama dengan orientasi sosial bersama untuk membuka lapangan kerja. Keunikan Semar berupa desain tampilan wisata khas, desain wayang, dan batik yang menunjukkan keelokan Jawa Tengah khususnya Semarang dengan kata-kata bijak Jawa, serta mudah dalam pembuatannya.

Kedua, promosi dan perkenalan menjadi tantangan, peluang, dan hambatan kaos Semar sekaligus menjadi sangat penting dilaksanakan untuk membangun sebuah brand Semar dengan satu tahun tahap awal melalui strategi bersaing dengan promosi di berbagai media massa TV, Koran, Radio, Media sosial Fb, IG, Twitter, Website, melalui spanduk, brosur, direct selling, sampai ikut event-event kegiatan.

Kemudahan yang didapat saat ini karena adanya investasi besar dari investor, kemudahan memperoleh pinjaman usaha, dan dukungan pemerintah salah satunya melalui visit Jawa Tengah dan Ayo Wisata ke Semarang. Ketiga, segera membuka luas potensi wisata daerah bekerjasama dengan dinas pariwisata kota dan provinsi. Di Semarang, potensi wisata seperti Pantai Maron, Tirang, Marina, Sungai Banjir Kanal, Kota lama, monumen, museum, hutan wisata, bangunan sejarah, wisata perkebunan, kuliner, budaya, pusat keramaian sampai wisata gunung menjadi peluang dan kekuatan yang sangat potensial.

Simpulan

Semua potensi sudah tersedia dan siap di kelola untuk pengembangan “Semar” sebagai mode sekaligus buah tangan karya khas yang bisa sangat diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal yang sangat penting untuk selalu dipegang teguh adalah semangat untuk pantang menyerah, ulet, disiplin, kreatif, dan jujur dalam berusaha.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments